Pituitary Info


Apa itu pituitary?
kelenjar endokrin yang kira-kira sebesar kacang yang terletak di dasar tulang tengkorak dan di bawah otak. Kelenjar hipofisis mengeluarkan bermacam-macam hormon, termasuk hormon yang mempengaruhi kelenjar lainnya, sehingga disebut kelenjar kepala bagi kelenjar endokrin lainnya. Hipofisis terdiri dari tiga bagian, yaitu lobus anterior, lobus anterior, lobus intermedia dan lobus posterior.

Apakah “Master Gland” terhubung ke Otak?
Pituitary menggantung dari yang disebut “Hypothalamus” yang merupakan bagian dari otak yang dekat diatasnya.; diaerah sekitarnya banyak terdapat pembuluh darah dan syaraf-syaraf. Hormone yang diproduksi oleh Hypothalamus membwa sinyal atau pesan kepada kelenjar pituitary / hipofisis. Hypothalamus seperti lberfungsi sebagai “switching’ atau pengatur terhadap sinyal yang berasal dari otak ke kelenjar hipofisis; yang mana akan menyalurkan sinyal atau pesan ke organ tubuh.
Pituitary terdiri dari anterior besar (adenohypophysis) dan posterior kecil (neurohyphysis). Terletak di kantung kecil dari tulang dasar otak yang disebut sella turcica yang berbentuk seperti sadel pada tulang sphenoid.
Sella Turcica terletak didalam tengkorak didasar otak.

Mengapa kelainan pituitary sangat sulit dideteksi?
Kelainan pituitary dapat menyebabkan beberapa gejala; bailk itu gangguna hormonal atau ganguan syaraf olehkarena letaknya dekat dengan otak, yang merupakan jalur dari syaraf dan pembuluh darah dan juga merupakan pengontrol dari hormone tubuh. Namun diagnosis dari kelainan pituitary seringkali sulit dilakukan dan lama untuk langsung diketahui karena seringkali gejalanya berkaitan dengan gejala – gejala dengan penyakit lain; sehingga sangat tergantung terhadap gejala yang timbul; atau tanda tanda lainya, atau tindakan CT Scan / MRI terhadap posisi pituitary sangat diperlukan.

Hormones apa saja yang dihasilkan oleh pituitary?
· Thyroid Stimulating Hormone (TSH) TSH berperan dalam pengaturan kecepatan metabolik melalui hormon tiroid,sedang LH dan FSH berperan dalam pematangan sexual dan fungsi reproduksi. Insidensi tumor ini sangat jarang sekitar 1% dari seluruh tumor hipofisis.
· Growth Hormone (GH) Kelebihan hormon ini pada orang dewasa menyebabkan acromegaly sedang pada anak yang epiphysealnya belum menutup akan menyebabkan gigantisme
· Adrenocorticotropic Hormone (ACTH) Definisi: Cushing disease adalah suatu keadan hypercortisolemi yang disebabkan karena produksi ACTH yang berlebihan dari adenoma hipofisis. Sedang yang dimaksud Cushing’s syndroma adalah kondisi hypercortisolemia yang disebabkan dari berbagai sumber selain hipofisis.Hal lain yang timbul oleh karena kelebihan ACTH yaitu Nelson’s syndrome berpigmentasi oleh karena adanya stimulasi melanin stimulating hormon yang bereaksi silang dengan ACTH, terjadi pada 10-20% pasien yang menjalani operasi adrenalectomy sebagai terapi dari cushing’s syndromanya.
· Melanocyte-Stimulating Hormone (MSH)
· Prolactin (PRL)

Hormone yang dihasilkan atau dikontrol oleh Hypothalamus?
· Oxytocin akan merangsang kandungan dan mengeluarkan susu selama proses menyusui.
· Antidiuretic Hormone (ADH) penyerapan kembali dari air ke dalam darah oleh ginjal dan oleh karena itu ber/kurang produksi air seni. Juga dikenal sebagai Vasopressin.

Apa yang terjadi jika Pituitary memproduksi terlalu banyak atau sedikit?
Suatu ketidak seimbangan terjadi, mendorong ke arah lebih dari selusin kelainan dari sistem endocrine itu. Kekurangan dari hormon gondok, hormon tentang ginjal berkenaan dengan selaput ( cortisol) atau hormon yang antidiuretic ( vasopressin) adalah yang segera memerlukan perawatan . Pasien dengan kelainan dari hormon yang lain, masih dapat dikompromikan.

Apa yang menyebabkan Pituitary mengalami gangguan.
Tumor (umunya jinak), radang infeksi/peradangan dan kecelakaan menyebabkan kelenjar mengalami gangguan, seperti halnya metastasis atau penyebaran dari tumor lain pada pituitary ( jarang terjadi). Pengobatan radiasi [bagi/kepada] otak dapat juga menyebabkan gangguan sel pituitary normal

Apa itu Pituiatary Tumor
Suatu tumor pituitary adalah suatu pertumbuhan yang abnormal tentang sel pituitary. Pituitary tumor dapat nonfunctional ( tidak mengeluarkan hormon) atau menghasilkan hormon yang spesifik, seperti prolactin ( menyebabkan ketidaksuburan/kemandulan, libido yang dikurangi, dan osteoporosis), hormon pertumbuhan ( menyebabkan acromegaly), ACTH ( menyebabkan Cushing’s), TSH ( menyebabkan hypothyroidism),
Tumor ini bertindak menurut sel dari asal mereka dan dinamai untuk jenis sel yang spesifik di/terpengaruh, sebagai contoh, jika suatu tumor akibat suatu prolactin yang memproduksi sel, pasien dengan suatu prolactinoma-a prolactin mengeluarkan pituitary tumor yang adalah umum dan dapat diberi perawatan. Prolactin tinggi akan menekan produksi dari hormon pituitary dan merangsang produksi dari estrogen atau testosterone. Orang dengan tumor ini dapat kehilangan kemamampuan Sexnya dan tingkatan testosterone rendah dapat menyebabkan kemandulan. Untuk wanita dapat menyebakan gangguan haid. Adalah penting ingat bahwa kebanyakan tumor pituitary adalah Jinak

Apakah tumor tersebut mematikan ?
Jika dapat didiagnosa dini, dapat di sembuhkan engan sempurna jika tidak Tumor dapat menjadi Macroadenoma yang dapat menekan syaraf mata (menyebakan penglihatan menjadi kabur; melihat ganda) dan otak dan gangguan Pituitary ( membatasi atau tidak dapat memperoduksi hormon produksi). Tumor yang besar dapat juga menyebar ke sinus yang penuh dengan cekungan, yang merpakan tempat nadi/jalan utama carotid, pembuluh darah untuk mengalirkan mata, dan mempengaruhi pergerakan mata. Tindakan di sekitar sinus yang penuh dengan cekungan adalah sulit dan harus dilakukan oleh suatu ahli bedah yang berpengalaman pituitari.
Tumor dapat juga mengeluarkan terlalu banyak dari suatu hormon, menyebabkan hipertensi, kencing manis, kelainan fungsi hati, kelainan fungsi tubuh seksual, ketidaksuburan/kemandulan, osteoporosis, radang sendi, kematian dan penyakit jantung yang dapat menyebabkan kematian.

Bagaimana mendeteksi secara dini
Gejala yang timbul oleh pituitary tumor tidak mudah untuk cepat dikenali dan sukar untuk didiagnosa awal oleh dokter; bagi pasien yang mempunyai gejala baik dari yang kekurangan hormonal disebabkan oleh tekanan dari pituitary atau nya ” tangkai”) atau kelebihan hormon ( disebabkan oleh produksi hormon yang tak dapat dikontrol oleh tumor pituitary). Bahkan di abad 21 ini masih banyak terjadi keterlambatan deteksi dini Tumor ini hal ini disebabkan karena diagnosa pituitary memerlukan dokter ahli yang memang menanganinya dan banyak dokter yang tidak memaahami gejala – gejala dari tumor tersebut.

Bagaimana Lazimnya Tumor Pituitary?
Studi yang paling awal mengambil tempat di 1936, ketika Dr. R.T. Costello dari Mayo Foundation yang diselenggarakan suatu studi dan menemukan pituitary tumor di 22.4 % dari populasi ( Costello R.T. Subclinical adenoma dari kelenjar pituitari itu. Adalah. J. Pathol. 1936; 12:205-214).

Mengapa Tumor ini umum terjadi?
Belum diketahui secara pasti; oleh karena pendanaan dalam peneilitian Brain Tumor untuk pituitary tidak ada Namun dalam kongres bulan Oktober 2002 : Benign Cancer Registries Amendment Act” telah menginstruksikan kepada Rumah Sakit; Dokter dan Klinik untuk melaporkan kejadian Pituitary (United States)

Mengapa ini tidak umum diketahui?
Terdapa 4 (empat) alasan ?
1. Pituitary tumors menghasilkan suatu array yang luas tentang gejala, dan sering gejala yang timbul tidak diperlakukan sebagai penyakit. Sebagai hasilnya, pituitary pasien dapat bertahun tahun untuk didiagnosa bahwa terjadi tumor pada Pituitary. Orang – orang dengan tumor pituitary yang tanpa diketahui dapat mati disebabkan serangan jantung, hypothyroidism, gangguan ginjal, gangguan keseimbangan cairan tubuh.
Merupakan gangguan – gangguan yang dapat menyenmbunyikan penyebab yang utama: suatu tumor pituitary
2. Dana yang besar; menyebakan penelitian untuk Tumor Pituitary tidak dilakukan.
3. Tidak dilakukan penyebaran pengetahuan bagi masyarakat tentang tumour pituitary?
4. Industri yang tidak mengetahui efisiensi yang dapat dilakukan bila dapat mendiagnosa lebih dini.

Bagaimana Penanganan Pituitary Tumor?
Tergantung pada jenis tumor dan berapa banyak telah membesar ke dalam otak, dan juga tergantung umur dan kesehatan pasien. Tiga macam dari perawatan digunakan: Operasi; Radiasi dan obat untuk menyusutkan. Obat dapat juga menghalangi kelenjar pituitari membuat terlalu banyak hormon. Suatu operasi Transphenoidal dapat mengangkat tumor melalui suatu menerobos jalan lintasan nassal (secara Teknologi yang digunakan dapat dibedakan dengan metode Microscopic dan endoscopic), Kadang-Kadang dapat melalui goresan di bawah bibir atas. Cara Tradisional adalah suatu Craniotomy mencabut tumor melalui suatu menerobos medan dari tengkorak; ini adalah jarang dilaksanakan untuk tumor besar yang menyerbu.

Apakah Operasi berisiko?
Operasi adalah suatu perawatan yang dapat diambil dan itu adalah dapat dilakukan JIKA dilakukan oleh ahli bedah syaraf yang trampil dan khusus mengetahui pituitary tumor.. Semakin kecil tumor, tingkat keberhasilannya makin tinggi. Tumor yang besar yang tumbuh menaik mendesak otak atau tumbuh secara menyamping ( ke dalam sinus yang penuh dengan cekung yang berisi nadi/jalan utama yang utama, meningkat/kan resiko dari operasi. Diagnosa dini adalah kunci dari penanganan Pituitary Tumor.

Apakah semua Tumor Pituitary sama?
Tidak Ada lebih dari selusin kelainan yang sangat berbeda yang diakibatkan oleh pituitary dan tumor. Sebagai contoh, jika suatu tumor membentuk di suatu ACTH mengeluarkan sel pituitaryl, bisa mengakibatkan produksi berlebih dari cortisol ( Disease Cushing’s) atau kurang produksi dari cortisol ( kelainan t entang ginjal, sering dikenal sebagai Secondary Addison’s Disease). Cushing’s Adalah suatu kondisi yang ditandai oleh akumulasi berlebihan yang gemuk di bagian tengah dari badan ( kegendutan, termasuk wajah yang sangat bulan (moon face)), kencing manis, hipertensi, suatu kalium serum yang rendah, bruising dan pengenceran dari kulit, dan osteoporosis. Gejala dari kelainan tentang ginjal meliputi pengeringan, sodium dan tekanan darah yang rendah mengukur, dan berat/beban kerugian yang berlebihan. Addison’S Disease yang utama disebabkan ketika kelenjar yang tentang ginjal gagal, yaitu. gagal untuk bereaksi terhadap arah dari pituitary dan hypothalamus.
Jika tumor membentuk dalam suatu hormon pertumbuhan yang memproduksi sel, dapat berlebih memproduksi hormon pertumbuhan. Tumor yang membentuk dari hormon pertumbuhan yang memproduksi sel menyebabkan dua gambar-an berbeda klinis. Jika mereka terjadi di anak-anak plat pertumbuhan di merindukan tulang sudah tertutup, hormon pertumbuhan yang berlebihan akan menyebabkan gigantism. Jika kelebihan hormon pertumbuhan terjadi selama kedewasaan ada pelebaran yang berlebihan dari tangan, kaki, dan rahang, seperti halnya bengkak jaringan/tisu yang lembut dari banyak jaringan ( acromegaly). Acromegaly dihubungkan dengan suatu kemungkinan dari kencing manis mellitus, serangan jantung, hipertensi, dan tertentu jenis kanker yang berbahaya

20 thoughts on “Pituitary Info

  1. Salam kenal

    Ketika itu saya tdk mengalami gatal kulit

    Tetapi gejalanya adalah lapangan pandang menyempit dan kemudian doketahui tumor hipofise tsb menekan syaraf mata sehingga menggangu penglihatan

    Salam

  2. salam kenal,
    apakah ada penderita pituitary didahului dari gejala penyakit kulit?
    karena saya mengalami gatal pada kulit jika dalam kondisi stress dan penuh pressure namun jika sedang tidak ada pikiran dan happy maka penyakit tersebut tidak muncul..sebelumnya saya memang bermasalah dengan antibody,,karena daya tahan tubuh saya yang lemah dan gampang terkena penyakit

  3. Hi Shelly sebaiknya visit ke Dr endokrin untuk dilakukan pengecekan , bisa saja impact dari tumor hipofisis dapat meningginya kadar prolactin namun sebaiknya visit ke dokter

  4. Kadar hormon prolactin saya mencapai 65.58. Apakah ini merupakan pengaruh dr tumor ini jg? Apakah penyebab utama hyperprolactin adl dikarenakan tumor ini?

  5. saya sarankan segera ke dr bedah syaraf jika tinggal di jakarta dapat menghubungi dr eka di siloam karawaci, dr Alfred di OMNI alam sutera

    salam dan tetap semangat

  6. Saya di diagnosa memiliki macroadenoma pd usia 17th,keluhan saat itu blm mendapat mens, kemudian diterapi dg obat,kadar prolactine 25-30.saat ini saya 39 thn memiliki 3 org anak.pd saat sblm hamil terapi dg obat dostinex.ukuran kaca mata tidak terlalu berpengaruh,msh -1 dan cyrindris(lupa pastinya.keluhan saat ini agak sering saki kepala dan tekanan darah 110-130.

  7. apakah 1 orang dapat menderita lebih dari 1 syndrome yang disebabkan oleh pituitary tumor ? misal cushing deases and prolactinoma. ?

  8. salam….

    Kelebihan aktifitas kelenjar Pituitary memang sangat berbhasaya bagi penyakit tumor, kanker, bisul menhun, jerawat atau pertumbuhan sel-sel yang tidak normal pada bagian, bagian tubuh. Terkadang, kita mengalami tiba-tiba ada bagian tubuh yang timbul menonjol tapitidak sakit, dll.

    Mengaktifkan kadar normalisasi kelenjar pituitary sangat dibutuhkan bagi pasien yang menderita penyakit berat sepetti DB, Thipus, atau setelah melahirkan, agar dapat memperbaiki sel-sel yang rusak dan mempercepat penyembuhan, dibarengi oleh penggunaan VIt-C dosis tinggi.

    Mencegah kanker dan tumor juga penyakit sejenisnya, kelenjar pituitary harus di normalisasikan dalam memproduk hormon nya, serta memusnahkan sel anti kanker dan tumor, dan membasmi sel-sel abnormal, dan memberikan hormon pertumbuhan dan memperbaiki keberagaman DNA, memusnahkan DNA penuaan agar dicapai normalisasi funsi seluruh organ.

    Mendayagunakan itu semua sangat sulit dan mahal melalui upaya medis, selain memakan waktu lama, juga tidak pasti. Bila tidak segera di deteksi pertumbuhan penyakit tsb akibat aktifitas pituitary yang tidak normal, atau karena rangsangan tertentu seperti salah prediksi dan obat, atau pengobatan alternatif seperti hal nya CERAGEM dapat merangsang dengan cepat pertumbuhan sel abnormal kanjer dan tumor, sehingga mempercepat kematian dalam jarak 3 bulan atau 1 tahun, hal ini adalah sebuah pembuktian nyata dari kekeliruan pendeteksian tsb.

    Upaya untuk itu semua dapat dilakukan dengan cepat dan aman melalui pengobatan alternatif dalam mendayagunakan fungsi tubuh,karena penangkal dan obat dari itu semua sudah ada dalam tubuh kita. Upaya nya antara lain melalui pengobatan cina akupuntur, acupressure, atau melalui teknik pernafasan dan meditasi, dan program penyembuhan seperti Taichi, reiki, dan kundalini.

    Semua analisis ini telah terbukti aman dan sembuh total. Untuk informasi lebih lanjut bisa begabung dengan healing metode Qrak (http://qrak-atomic.blogspot.com/)

    trims.

  9. thanks for the infromation, tapi kalau boleh saya tahun chusing syndrome itu disebabkan oleh apa ya, kira-kira cushing syndrome itu berbahaya tidak?, i really need the information about, because my friend is suffered of cushing syndrome, if you dont mind, please help me okok…

    dear,

    ella…

  10. dear ito lastiur
    terima kasih atas supportnya…dan saya sangat bergerembira jika artikel ini dapat ditambahkan…agar lebih komprehensif…karena saya hanya seorang pasien yang ingin menyebarkan informasi yang baik…
    terima kasih to jika berkenan ..
    salam

  11. penjelasannya sudah baguz tapi msh kurang lengkap tentang diagnosa dan intervensinya. karena dengan adanya itu kami bisa menjadi perawat yang lebih profesional lagi…..
    thx_gbu

  12. Maaf saya tidak bisa kasih info detail; tapi terdapat link yang menjelsakan hal ini

    http://www.pituitary.org/disorders/cushings_disease.aspx

    Cushing’s syndrome is a debilitating endocrine disorder characterized by excessive cortisol levels in the blood which may be the result of a tumor of the pituitary gland, adrenal glands (located above the kidneys) or from tumors or cancer arising elsewhere in the body (ectopic ACTH producing tumors)

    salam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s